Home » » Sistem Operasi

Sistem Operasi

Sistem Operasi

      Sebuah sistem operasi (OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi adalah diri boot.

      Time-sharing sistem operasi jadwal tugas untuk penggunaan yang efisien dari sistem dan juga dapat mencakup akuntansi untuk alokasi biaya waktu prosesor, penyimpanan massa, cetak, dan sumber daya lainnya.

      Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai input dan output dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer,

      Meskipun kode aplikasi biasanya dijalankan langsung oleh perangkat keras dan sering akan memanggil OS atau terganggu oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan web server.

      Contoh populer dari sistem operasi modern termasuk Android, IOS, Linux, Mac OS X dan Microsoft Windows.


 Jenis Real-time   

     Sebuah sistem operasi real-time adalah sistem operasi multitasking yang bertujuan mengeksekusi aplikasi real-time. Real-time sistem operasi sering menggunakan algoritma penjadwalan khusus sehingga mereka dapat mencapai sifat deterministik perilaku. Tujuan utama dari real-time sistem operasi adalah respon mereka cepat dan diprediksi ke acara. Mereka memiliki desain event-driven atau time-sharing dan sering aspek dari keduanya. Sebuah event-driven sistem switch antara tugas-tugas berdasarkan prioritas mereka atau peristiwa eksternal, sementara time-sharing sistem operasi beralih tugas berdasarkan jam interupsi.

Multi-user vs Single-user
 

    Sebuah sistem operasi multi-user memungkinkan beberapa pengguna untuk mengakses sistem komputer secara bersamaan. Time-sharing sistem dapat diklasifikasikan sebagai sistem multi-user karena mereka memungkinkan akses pengguna ke komputer melalui berbagi waktu. Sistem operasi single-user, sebagai lawan dari sistem operasi multi-user, yang digunakan oleh pengguna tunggal pada suatu waktu. Mampu memiliki beberapa account pada sistem operasi Windows tidak membuat sistem multi-user. Sebaliknya, hanya administrator jaringan adalah pengguna nyata. Tapi untuk sistem operasi mirip Unix, adalah mungkin untuk dua pengguna untuk login pada satu waktu dan ini kemampuan OS membuatnya menjadi multi-user sistem operasi. 

Multi-tasking vs Single-tasking
 

    Ketika hanya satu program yang diperbolehkan untuk berjalan pada satu waktu, sistem ini dikelompokkan di bawah sistem single-tasking. Namun, ketika sistem operasi memungkinkan pelaksanaan beberapa tugas pada satu waktu, itu diklasifikasikan sebagai sistem operasi multi-tasking. Multi-tasking dapat dari dua jenis: pre-emptive atau co-operatif. Dalam pra-emptive multitasking, sistem operasi irisan waktu CPU dan mendedikasikan satu slot untuk setiap program. Unix-seperti sistem operasi seperti Solaris dan dukungan Linux pre-emptive multitasking. Koperasi multitasking dicapai dengan mengandalkan setiap proses untuk memberikan waktu ke proses lainnya dalam cara yang ditetapkan. MS Windows sebelum Windows 2000 digunakan untuk mendukung koperasi multitasking.

Terdistribusi
    
 

          Sebuah sistem operasi terdistribusi mengelola sekelompok komputer independen dan membuat mereka tampaknya satu komputer. Perkembangan jaringan komputer yang dapat terhubung dan berkomunikasi satu sama lain, memunculkan komputasi terdistribusi. Didistribusikan perhitungan dilakukan pada lebih dari satu mesin. Ketika komputer dalam kerja kelompok dalam kerja sama, mereka membuat sistem terdistribusi.

Tertanam
    
 

         Sistem operasi tertanam dirancang untuk digunakan dalam sistem komputer embedded. Mereka dirancang untuk beroperasi pada mesin kecil seperti PDA dengan otonomi kurang. Mereka mampu beroperasi dengan jumlah terbatas sumber daya. Mereka sangat kompak dan sangat efisien dengan desain. Windows CE dan Minix 3 adalah beberapa contoh dari sistem operasi tertanam.

Contoh Sistem Operasi

Unix
  Artikel utama: Unix


        Ken Thompson menulis B, terutama berdasarkan BCPL, yang ia gunakan untuk menulis Unix, berdasarkan pengalaman di proyek MULTICS. B diganti oleh C, dan Unix berkembang menjadi sebuah keluarga, besar kompleks yang saling terkait sistem operasi yang telah berpengaruh dalam setiap sistem operasi modern (lihat Sejarah).

       Keluarga Unix-like adalah berbagai kelompok sistem operasi, dengan beberapa sub-kategori utama termasuk System V, BSD, dan GNU / Linux. Nama "UNIX" adalah merek dagang dari The Open Group yang lisensi untuk digunakan dengan sistem operasi yang telah terbukti sesuai dengan definisi mereka. "Unix seperti" umumnya digunakan untuk merujuk ke set besar sistem operasi yang menyerupai Unix yang asli.

       Unix-seperti sistem berjalan pada berbagai arsitektur mesin. Mereka yang digunakan berat untuk server dalam bisnis, serta workstation dalam lingkungan akademik dan rekayasa. Gratis varian Unix, seperti GNU / Linux dan BSD, yang populer di daerah-daerah.

       Empat sistem operasi disertifikasi oleh Grup Terbuka (pemegang merek dagang Unix) seperti Unix. HP HP-UX dan IBM AIX keduanya keturunan System V asli Unix dan dirancang untuk berjalan hanya pada hardware vendor masing-masing mereka. Sebaliknya, Sun Microsystems Solaris Operating System dapat berjalan pada beberapa jenis perangkat keras, termasuk server x86 dan Sparc, dan PC. Apple Mac OS X, sebuah pengganti sebelumnya (non-Unix) Apple Mac OS, adalah varian berbasis kernel BSD hibrida berasal dari NeXTSTEP, Mach, dan FreeBSD.

       Unix interoperabilitas dicari dengan mendirikan standar POSIX. Standar POSIX dapat diterapkan untuk setiap sistem operasi, meskipun pada awalnya diciptakan untuk berbagai varian Unix.


BSD dan Turunannya
  Artikel utama: Berkeley Software Distribution

       Sebuah subkelompok dari keluarga Unix adalah Berkeley Software Distribution keluarga, yang meliputi FreeBSD, NetBSD, dan OpenBSD. Sistem operasi yang paling sering ditemukan pada webservers, meskipun mereka juga dapat berfungsi sebagai OS komputer pribadi. Internet berutang banyak keberadaannya ke BSD, karena banyak protokol sekarang umum digunakan oleh komputer untuk menghubungkan, mengirim dan menerima data melalui jaringan secara luas diterapkan dan disempurnakan di BSD. World wide web juga pertama kali ditunjukkan pada sejumlah komputer yang menjalankan OS didasarkan pada NextStep disebut BSD.

        BSD memiliki akar di Unix. Pada tahun 1974, University of California, Berkeley menginstal sistem Unix pertama. Seiring waktu, mahasiswa dan staf di departemen ilmu komputer ada mulai menambahkan program baru untuk membuat segalanya lebih mudah, seperti editor teks. Ketika Berkely menerima komputer VAX baru pada tahun 1978 dengan Unix diinstal, mahasiswa sekolah dimodifikasi Unix bahkan lebih dalam rangka untuk mengambil keuntungan dari kemungkinan hardware komputer. Defense Advanced Research Projects Agency dari Departemen Pertahanan AS mengambil bunga, dan memutuskan untuk mendanai proyek tersebut. Banyak sekolah, perusahaan, dan organisasi pemerintah memperhatikan dan mulai menggunakan versi Berkeley Unix bukan resmi satu didistribusikan oleh AT & T.

        Steve Jobs, saat meninggalkan Apple Inc pada tahun 1985, dibentuk NeXT Inc, sebuah perusahaan yang memproduksi komputer high-end yang berjalan pada variasi dari NeXTSTEP disebut BSD. Salah satu komputer ini digunakan oleh Tim Berners-Lee sebagai webserver pertama untuk menciptakan World Wide Web.

        Pengembang seperti Keith Bostic mendorong proyek untuk mengganti kode non-bebas yang berasal dengan Bell Labs. Setelah ini dilakukan, bagaimanapun, AT & T digugat. Akhirnya, setelah dua tahun sengketa hukum, proyek BSD keluar ke depan dan menelurkan sejumlah derivatif bebas, seperti FreeBSD dan NetBSD.


Mac OS X
  Artikel utama: Mac OS X

         Mac OS X adalah garis dari sistem operasi terbuka inti grafis dikembangkan, dipasarkan, dan dijual oleh Apple Inc, yang terbaru adalah pre-loaded pada semua komputer Macintosh saat pengiriman. Mac OS X adalah penerus Mac OS asli, yang telah sistem operasi utama Apple sejak tahun 1984. Tidak seperti pendahulunya, Mac OS X adalah sistem operasi UNIX yang dibangun pada teknologi yang telah dikembangkan di NeXT melalui paruh kedua tahun 1980-an dan naik sampai Apple membeli perusahaan pada awal 1997.

          Sistem operasi pertama kali dirilis pada tahun 1999 sebagai Mac OS X Server 1.0, dengan versi berorientasi desktop (Mac OS X v10.0) berikut pada Maret 2001. Sejak itu, enam lebih jelas "klien" dan "server" edisi Mac OS X telah dirilis, yang paling terbaru yang Mac OS X 10.7, yang pertama kali dibuat tersedia pada tanggal 20 Juli 2011. Rilis Mac OS X dinamai kucing besar, versi terbaru dari Mac OS X adalah "Singa".

          Edisi server, Mac OS X Server, adalah arsitektur identik dengan mitra desktop tetapi biasanya berjalan pada garis Apple Macintosh server hardware. Mac OS X Server termasuk kelompok kerja manajemen dan perangkat lunak administrasi yang menyediakan akses ke layanan jaringan disederhanakan kunci, termasuk agen transfer mail, sebuah server Samba, sebuah LDAP server, server nama domain, dan lain-lain. Dalam Mac OS X v10.7 Singa, server semua aspek dari Mac OS X Server telah terintegrasi ke versi klien.


Plan 9
  Artikel utama: Plan 9 dari Bell Labs

          Ken Thompson, Dennis Ritchie dan Douglas McIlroy di Bell Labs dirancang dan dikembangkan pemrograman bahasa C untuk membangun sistem operasi Unix. Programmer di Bell Labs terus mengembangkan Rencana 9 dan Inferno, yang direkayasa untuk lingkungan terdistribusi modern. Rencana 9 dirancang dari awal untuk menjadi sistem operasi jaringan, dan memiliki grafis built-in, tidak seperti Unix, yang menambahkan fitur ini untuk desain nanti. Saat ini dirilis di bawah Lisensi Publik Lucent. Inferno dijual kepada Vita Nuova Holdings dan telah dirilis di bawah lisensi GPL / MIT. 

Linux dan GNU
   Artikel utama: GNU, Linux, dan Linux kernel


         Linux (atau GNU / Linux) adalah sebuah Unix-seperti sistem operasi yang dikembangkan tanpa kode Unix sebenarnya, seperti BSD dan variannya. Linux dapat digunakan pada berbagai perangkat dari superkomputer ke jam tangan. Kernel Linux dirilis di bawah lisensi open source, sehingga siapapun dapat membaca dan memodifikasi kode. Telah dimodifikasi untuk dijalankan pada berbagai macam elektronik. Meskipun perkiraan menunjukkan bahwa Linux digunakan pada 1,82% dari semua komputer pribadi, telah banyak diadopsi untuk digunakan di server dan embedded system (seperti ponsel). Linux telah digantikan Unix, dan digunakan pada 10 superkomputer paling kuat di dunia. Kernel Linux digunakan di beberapa distro populer, seperti Red Hat, Debian, Ubuntu, Linux Mint dan Google Android.
         Proyek GNU merupakan kolaborasi massa programmer yang berusaha untuk membuat sistem operasi yang sepenuhnya bebas dan terbuka yang mirip dengan Unix tetapi dengan kode benar-benar asli. Itu dimulai pada tahun 1983 oleh Richard Stallman, dan bertanggung jawab untuk banyak bagian dari varian Linux. Untuk alasan ini, beberapa klaim bahwa produk gabungan dari kernel Linux dan koleksi perangkat lunak GNU lebih tepat disebut GNU / Linux. Ribuan buah perangkat lunak untuk hampir setiap sistem operasi yang berlisensi di bawah GNU General Public License. Sementara itu, kernel Linux dimulai sebagai proyek sampingan dari Linus Torvalds, seorang mahasiswa dari Finlandia. Pada tahun 1991, Torvalds mulai bekerja di atasnya, dan diposting informasi tentang proyek di newsgroup untuk siswa komputer dan programmer. Dia menerima gelombang dukungan dan sukarelawan yang akhirnya menciptakan sebuah kernel penuh. Programmer dari GNU pun meliriknya, dan anggota dari kedua proyek bekerja untuk mengintegrasikan bagian selesai dengan GNU kernel Linux dalam rangka menciptakan sebuah sistem operasi penuh.

 

Google Chrome OS
 Artikel utama: Google Chrome OS


      Chrome adalah sebuah sistem operasi berbasis kernel Linux dan dirancang oleh Google. Sejak Chrome OS target pengguna komputer yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di Internet, hal ini terutama web browser tanpa kemampuan untuk menjalankan aplikasi. Hal ini bergantung pada aplikasi internet (atau Web aplikasi) yang digunakan dalam web browser untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti pengolah kata dan melihat media, serta penyimpanan online untuk menyimpan file yang terbanyak.





































































































0 comments:

Post a Comment